Rabu, 23 April 2014

Rencana Kegiatan Pelantikan Dewan Pramuka Penggalang Gudep 06.107 – 06.108 Pangkalan MTs Darul ‘Ulum Kerangkulon

D
alam rangka Pelantikan dan Pengukuhan Dewan Penggalang Gudep 06.107 dan 06.108 yang berpangkalan di MTs Darul ‘Ulum Kerangkulon  insya Allah akan diadakan Persami pada hari Sabtu s.d. Minggu tanggal menyusul  bertempat di sekolah. Selain kegiatan utama yaitu pelantikan dan pengukuhan DP, diadakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan ketakwaan, keberanian, kekompakan, kerja sama,  dan menumbuhkan rasa patriotisme.
Rencana Kegiatan dimulai pada pukul 15.00 dengan upacara pembukaan di halaman madrasah, pembagian lokasi, dan ceking perbekalan. Dilanjutkan dengan istirahat dan sholat ashar. Pukul 17.30 peserta menuju ke Pos I yang ada di Masjid Baitul Mujtahidin Demung Wetan,. Di Pos I para peserta diberi kesempatan untuk sholat magrib.
Pada pukul 19.00 peserta menuju ke Pos II yaitu TK Roudlotul Ummah Kerang Wetan Pilangrejo. Di sini para peserta melakukan sholat isya sambil mengenal pejabat setempat. Di Pos II ini para calon Dewan Penggalang diberi soal-soal mengenai sandi.
Pukul 19.30 peserta melanjutkan perjalanan ke Pos III yaitu di Halaman Rumah Bp. Mohammad Salman Mojodemak. Di tempat ini Penggalang diberi soal-soal mengenai pengetahuan kepramukaan.
Dilanjutkan ke Pos IV, V, dan VI yang ada di Kompleks Makam Mbah Nyai Pondok Demung Wetan. Di sini Penggalang diberi soal tentang tanaman hias dan obat-obatan, soal-soal tentang ketajaman indera penciuman. Para Penggalang juga diberi tugas untuk menuliskan 10 nama yang ada di batu nisan di kuburan Kompleks Makam Mbah Nyai Pondok Demung Wetan Ini untuk melatih keberanian mereka. Mereka juga mendapatkan tugas untuk memecahkan sandi untuk menuju ke pos selanjutnya. Di Pos VI mereka harus melaporkan kegiatan yang sudah selesai mereka lakukan.
Pukul 21.30 peserta menuju Pos VII yang ada di Jalan Demung-Prayungan. Mereka harus mengerjakan sandi huruf yang isinya petunjuk untuk melanjutkan perjalanan menuju ke Pos VIII. Setelah itu mereka melanjutkan perjalanan menuju ke pos terakhir.
Pada pukul 22.30 sampailah peserta di Pos VIII yaitu MTs Darul ‘Ulum Kerangkulon. Di sini peserta harus melaporkan tugas-tugasnya dilanjutkan dengan istirahat sebentar.
Acara pelantikan Dewan Penggalang direncanakan dilaksanakan pada pukul 22.45 dengan perwakilan kelas VII dan VIII yang terdiri atas delapan anggota Penggalang putra dan sepuluh anggota Penggalang putri. Usai pelantikan, seluruh peserta istirahat sampai dini hari.
Dini hari, kira-kira pukul 03.30 dilakukan sholat tahajud, dilanjutkan sholat subuh. Sesudahnya para peserta mendapat siraman rohani dari Bapak Suyitno Guru Mapel Aqidah Akhlaq. Pukul 05.00 dilakukan acara bersih-bersih lokasi dan persiapan pulang ke rumah masing-masing.
Kegiatan yang rutin dilakukan di Gudep 06.107/06.108 yang berpangkalan di MTs Darul ‘Ulum Kerangkulon ini semoga berjalan dengan lancar, tertib, dan sukses. Semoga bermanfaat. (sumber: Laporan Pembina Pramuka)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar